Rabu, 26 November 2014

Bacakan Ikrar, Sepakat Pemilihan Kuwu Damai


Pemilihan kuwu (pilwu) serentak di Ka­bupaten Indramayu tinggal dua minggu lagi, tepatnya 10 Desember 2014. Guna men­dukung pelaksanaan pilwu yang lancar dan kondusif, 515 calon kuwu dari 171 de­sa berkumpul di Mapolres In­dramayu, Rabu (26/11/2014). Kedatangan mereka adalah untuk mendengarkan pe­nga­rahan bupati dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), serta ikrar damai da­lam rangka pelaksanaan pilwu serentak.

Pengucapan ikrar damai dan penandatanganan dilakukan enam orang perwakilan ca­lon kuwu dari enam eks ka­we­danaan. Selain itu juga ditandatangani Bupati In­dramayu yang di­wakili Wabup Drs H Supendi MSi, Kapolres AKBP Wahyu Bintono, Dandim 0616 Letkol Arh Zaenudin, Ketua Kejaksaan Negeri Deddi Koesnomo SH MH, dan Ketua DPRD Indramayu H Taufik Hidayat SH.

Wabup Drs H Supendi MSi mengajak seluruh calon kuwu agar menghindari konflik. Untuk itu calon kuwu harus bisa mengarahkan pendukungnya agar tidak melakukan hal-hal yang bisa menimbulkan konflik.

"Jangan melakukan hal-hal yang bisa memancing konflik dengan calon lain. Tawarkan saja program kerja yang jelas kepada rakyat, agar mereka tertarik untuk memilih," ujar Supendi.

Ia juga mengajak kepada calon yang kalah agar tidak menyalahkan siapa-siapa, dan mampu menenangkan massa. Sementara bagi yang menang juga harus benar-benar mampu mengemban amanat rakyat, karena tanggung jawabnya sangat berat.

Kapolres, AKBP Wahyu Bintono mengatakan, tahun 2014 telah menghadapi dua kali pesta demokrasi yaitu pemilu legislatif dan pilpres, dimana Indramayu relatif aman dan kondusif. Kapolres berharap pelaksanaan pilwu serentak nanti juga akan berjalan aman, tertib, jujur, adil, langsung, umum, bebas, dan rahasia.

"Kami berharap kepada seluruh calon kuwu agar bisa mengajak pendukungnya untuk tidak melakukan hal-hal yang melanggar norma masyarakat, apalagi sampai melanggar hukum," ujar kapolres.

Sementara Dandim 0616, Letkol Arh Zaenudin menga­takan, beban seorang kuwu itu sa­ngat berat. Untuk itu setiap calon harus banyak-banyak istighfar. Menurutnya, dengan ba­nyak melakukan istighfar dan mengingat Allah, mudah-mu­dahan akan diberikan yang terbaik.

"Pasrahkan saja kepada Allah yang Maha Kuasa, karena apapun yang diberikan merupakan yang terbaik bagi kita," papar Zaenudin.

Ketua DPRD Indramayu, H Taufik Hidayat SH, juga mengajak seluruh calon kuwu menghindari gesekan. Taufik mengatakan, pelaksanaan pil­wu akan berjalan dengan baik apabila semua pihak berpegang kepada aturan yang ada.

"Kalau semua berpegang kepada aturan, baik panitia maupun peserta, Insya Allah pilkuwu serentak akan berjalan aman, lancar dan kondusif," ujarnya.

Sedangkan Kepala Kejaksaan Negeri Indramayu, Deddi Koesnomo SH MH, berharap kepada seluruh calon kuwu agar jangan ada yang merasa kalah. Dikatakannya, apabila calon yang belum terpilih merasa kalah, maka yang akan muncul adalah sifat dendam.

Hal itu yang sering memicu konflik pasca pemilihan kuwu. Untuk itulah ia meminta ke­pada calon yang kalah agar tetap merasa menang. Yaitu bisa memenangkan hati untuk tidak melakukan dendam. (deni /Humas Pemkab Indramayu)


0 komentar: