Selasa, 21 Juli 2015

PNS Kembali Bekerja, Saatnya Layani Masyarakat

PNS Kembali Bekerja, Saatnya Layani Masyarakat

Wakil Bupati Indramayu H. Supendi bersama dengan Kepala BKD, dan Inspektorat, Rabu (22/07/2015) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa instansi yang memberikan pelayanan kepada masyarakat. Wabup melakukan sidak tersebut pasca perayaan Idul Fitri dan cuti bersama, sidak ini untuk memastikan pelayanan di Pemerintah Kabupaten Indramayu langsung berjalan dengan semestinya.

Sidak diawali dengan mendatangi langsung Kantor Kecamatan Indramayu dilanjutkan dengan sidak ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Kemudian dilanjutkan ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), ditempat ini wabup langsung menijau ruang pelayanan dan menanyakan pelayanan kepada warga masyarakat yang tengah mengurus administrasi kependudukan. Ditempat itu, belum banyak masyarakat yang mengurus admnistrasi kependudukan meskipun petugas pelayanan sudah bersiap untuk memberikan pelayanan.

Selanjutnya, Supendi meninjau kinerja hari pertama di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans), orang nomor dua itu langsung berbaur dengan warga masyarakat yang tengah mengurus kartu pencari kerja (kartu kuning). Wabup langsung menanyakan berbagai keluhan dan keinginan warga yang ingin dicapai. Bahkan, Supendi bercengkrama dengan para pencari kerja yang sudah mengantri.

Badan Penanaman Modal dan Perijinan juga menjadi tempat monitoring selanjutnya, di lembaga satu atap dalam penanganan perijinan itu wabup tidak menemukan orang yang akan mengurus perijinan. Namun demikian, PNS yang memberikan pelayanan yang berada di front office sudah menunggu masyarakat. Sebagai tempat terakhir monitoring, Supendi melihat langsung pelayanan di RSUD Indramayu dan mengecek kehadiran di masing-masing poli yang sudah dipenuhi oleh pasien.

"Saya melihat PNS di Indramayu banyak yang masuk kerja, bahkan instansi yang memberikan pelayanan langsung sudah dipenuhi masyarakat yang mengurus keperluannya. Secara umum, PNS sudah banyak yang kembali beraktivitas dan memberikan pelayanan. Berdasarkan laporan dari BKD dan Inspektorat bahwa 98 persen PNS telah hadir, namun demikian PNS yang tidak hadir, mereka telah memberikan laporan ijin dan ada pula yang ambil cuti, sementara PNS yang bolos siap diberikan sanksi," tegas bupati.

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian Darah (BKD) Kabupaten Indramayu Edi Mulyadi  mengatakan, berdasarkan hasil sidak tersebut, tingkat kehadiran PNS memang tidak bisa 100 persen. Namun para PNS yang tidak hadir pada hari ini mereka telah memberikan laporan kepada atasannya, karena keperluan yang masih harus diselesaikannya. Beberapa orang ada yang sengaja mengambil izin cuti tahunan, sakit, dan juga keperluan lainnya. Meski demikian pelayanan di sejumlah OPD,telah berjalan dengan baik dan siap untuk melayani masyarakat. DENI SANJAYA / Bagian Humas dan Protokol Setda Indramayu

0 komentar: