Selasa, 21 April 2015

Tekan Pengangguran Melalui Pelatihan Las

Tekan Pengangguran Melalui Pelatihan Las


            INDRAMAYU 21/04/2015 – Sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat di Kabupaten Indramayu, Pertamina RU VI Balongan bersama dengan Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Indramayu telah berhasil menyelenggarakan program pelatihan las bersertifikasi bagi para pemuda agar mereka dapat mandiri dalam bekerja.

            Pelatihan yang  telah diadakan tersebut merupakan hasil pemetaan social yang telah dilakukan oleh Pertamina RU VI Balongan. Masyarakat yang berada dan tinggal di zona ring I dari kegiatan operasional Pertamina RU VI Balongan sangat membutuhkan suatu pelatihan berbasis kompetensi yang bisa digunakan ketika bekerja, dan keahlian yang dibutuhkan oleh mereka adalah pelatihan las bersertifikasi.

            Untuk menjaga kualitas peserta pelatihan, sebelumnya telah diadakan seleksi peserta secara ketat yang meliputi seleksi tertulis, wawancara, keahlian dan kesehatan. Pada awalnya peserta yang menginginkan agar bisa ikut pelatihan adalah sebanyak 100 orang dengan prosentasi 80 persen berasal dari Kecamatan Balongan. Namun setelah dilakukan seleksi peserta yang berhasil lolos hingga tahap akhir pelatihan adalah sebanyak 20 orang. Sementara anggara yang dikeluarkan dalam pelatihan ini mencapai 230 juta rupiah.

            Bupati Indramayu, Hj. Anna Sophanah sangat menyambut baik kegiatan pelatihan las bersertifikasi migas ini, diharapkan dapat menekan angka pengangguran dan meningkatkan produktivitas pemuda di Kabupaten Indramayu. Pelatihan ini mampu menghasilkan juru las bersertifikasi yang merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi pekerja las di perusahaan.

            "Pelatihan las bagi para pemuda yang berada di ring I dari Pertamina RU VI Balongan sangat membantu para pemuda dalam memperoleh ketrampilan, namun demikian agar manfaat dari Pertamina juga bisa dinikmati oleh lapisan masyarakat Indramayu sebaiknya jumlah peserta ditambah yang bisa mewakili seluruh kecamatan di Kabupaten Indramayu. Bukan hanya pelatihan las, namun pelatihan-pelatihan lainnnya sangat didambakan oleh masyarakat Indramayu," tegas bupati.

            Sementara itu, Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja serta Transmigrasi pada Dinsosnaker Kab. Indramayu,  H. Iman Sulaiman, ST., M.Pd mengatakan, dari 20 peserta pelatihan sebanyak 10 orang telah bekerja di perusahaan, 1 orang menunggu panggilan dari perusahaan di Jepang, dan 1 orang menunggu panggilan dari Negara Korea, sementara sisanya memilih untuk bekerja secara mandiri. (Deni / Humas Pemkab Indramayu)

0 komentar: