Kamis, 23 April 2015

Kecamatan Losarang Pengganti Cilamaya


Kecamatan Losarang Pengganti Cilamaya

            Batalnya pembangunan pelabuhan Cilamaya di Kabupaten Karawang disikpai oleh Pemerintah Kabupaten Indramayu secara serius. Bahkan Pemkab Indramayu rencanannya akan menjadikan Kecamatan Losarang sebagai lokasi pelabuhan. Hal tersebut ditegaskan Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah ketika menerima kunjungan kerja anggota DPD RI asal Provinsi Jawa Barat Hj. Eni Sumarni di Ruang Dalam Pendopo Indramayu, Kamis (23/04/2015).

            Menurut Anna, seperti yang dirilis Bagian Humas dan Protokol Setda Indramayu, sejak tahun 2010 Pemkab Indramayu sudah melakukan pengkajian untuk pembangunan pelabuhan itu. Meskipun pada awalnya pemerintah pusat memutuskan akan dibangun di Cilamaya Kabupaten Karawang namun pada akhirnya rencana tersebut dibatalkan. Dengan adanya pembatalan itu, Kabupaten Indramayu yang digadang-gadang sebagai daerah yang layak untuk dibangun pelabuhan terus mempersiapkan diri.

            Berdasarkan hasil pengkajian, di Kecamatan Losarang yang cocok untuk dijadikan sebagai lokasi pelabuhan adalah di Desa Cemara Kulon. Di desa dan kecamatan tersebut sangat strategis karena memiliki cekungan bila dibandingkan dengan Kecamatan Kandanghaur yang berada disebelah barat dan Kecamatan Cantigi yang berada di sebelah timur.

            Disamping itu, lanjut Anna, akses untuk menuju Desa Cemara Kulon dari jalur pantura hanya 8 kilometer dan kondisi jalan telah mulus karena sudah dibeton dan memiliki lebar 6 meter. Sedangkan dari jalan beton menuju bibir pantai hanya berjarak 2,5 kilometer yang sebagian besar merupakan areal empang dan sebagain besar merupakan tanah Perhutani.

            "Selain akses yang sudah tersedia dan kondisi wilayah yang sangat memungkinkan untuk dijadikan sebagai pelabuhan, pelabuhan di Desa Cemara Kulon apabila dihitung dari pintu keluar jalan tol di Desa Cikamurang hanya berjarak 30 kilometer," tegas bupati.

            Sementara itu anggota DPD RI asal Provinsi Jawa Barat, Hj. Eni Sumarni sangat merespon apa yang dilakukan oleh Pemkab Indramayu yang telah melakukan kajian sejak tahun 2010. Menurutnya, keinginan Pemerintah Kabupaten Indramayu segera disampaikan dan dibahas dengan anggota DPD lainnya untuk segera disampaikan kepada jajaran eksekutif dan mitra kerja.

            "Kalau memang di Losarang cocok dan sangat memungkinkan untuk dibangun pelabuhan kita sangat dukung, dan aspirasi ini segera kami tindaklanjuti agar pemerintah mau mendengarkan suara dari daerah, banyak efek posotif bagi pembangunan masyarakat disekitarnya jika pelabuhan dibangun di Losarang," kata anggota DPD kelahiran Sumedang ini.

Sebagai bentuk keseriusan Pemkab Indramayu, Wakil Bupati Indramayu H. Supendi bersama dengan Bappeda dan Camat Losarang hari Selasa (21/04/2015) me3lakukan peninjauan langsung ke lokasi tersebut. (Deni / Humas Pemkab Indramayu)

             


0 komentar: